Jakarta

Peluncuran Webinar Series 2024: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM

comunitynews
1:16 AM
0 Comments
Home
Jakarta
Peluncuran Webinar Series 2024: Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM
Peluncuran Webinar Series 2024

Jakarta (comunitynews) - Diadakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM, acara peluncuran “Webinar Series 2024” yang bertema “Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM” berhasil menarik perhatian banyak pihak. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. 

Dodot Adikoeswanto, Kepala Divisi Administrasi, Nur Azizah Rahmanawati, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, serta pejabat tinggi lainnya dari Kemenkumham, staf ahli, dan Kakanwil serta Kadivmin Kanwil Kemenkumham dari seluruh Indonesia pada tanggal 5 Agustus 2024.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Azahrawi dan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Anakku Naburju” dari BPSDM Hukum dan HAM untuk Menteri Hukum dan HAM. Lagu tersebut menjadi ungkapan rasa syukur dan kebanggaan atas kepemimpinan dan dedikasi Menteri Yasonna serta penghargaan atas bimbingan dan komitmen beliau dalam memajukan Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Razilu, dalam laporannya menyampaikan bahwa BPSDM Kumham terus berupaya melakukan intervensi inovatif yang sederhana namun berdampak besar, salah satunya adalah Webinar Series 2024 dengan tema “Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM”. Selain itu, BPSDM juga mempercepat implementasi Corporate University melalui penyusunan pedoman yang ditetapkan dengan SK Ka BPSDM dan memperkenalkan aplikasi “E-Kompetensiku” yang mengintegrasikan tujuh domain menjadi satu platform terpadu.

“Kami berharap terobosan BPSDM Kumham ini dapat berdampak signifikan pada pengembangan kompetensi seluruh ASN Kemenkumham. Ini juga diharapkan dapat meningkatkan indeks profesionalitas ASN, indeks sistem merit, indeks SPBE, dan nilai reformasi birokrasi,” ujar Razilu dalam laporannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan pedoman pelaksanaan pengembangan kompetensi berbasis Corporate University oleh Menteri Hukum dan HAM. Menteri Yasonna, didampingi oleh Kepala BPSDM Kumham dan Dirjen KI, juga menyerahkan penghargaan atas kreativitas infografis dan videografis pada Webinar Series Cerdas Bersama BPSDM Kemenkumham tahun 2024 kepada para penerima penghargaan.

Selain itu, dilakukan penyerahan pencatatan hak cipta atas Mars BPSDM Hukum dan HAM serta portal “E-Kompetensiku” oleh Menkumham didampingi Dirjen KI kepada Ka BPSDM Kumham. Sebagai simbolis peluncuran portal “E-Kompetensiku”, Menkumham Yasonna H. Laoly, Dirjen KI, dan Ka BPSDM Kumham menekan tombol sirine.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menekankan pentingnya tiga hal yang selalu ia kutip dari Warren Buffet: “Kecerdasan, Kerja Keras, dan Integritas. Untuk bisa cerdas, kita harus selalu belajar dan meningkatkan kemampuan diri, sejalan dengan gagasan BPSDM terkait webinar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN secara efektif, efisien, dan ekonomis.”

Beliau juga menambahkan, “Tidak mungkin kita menyongsong Indonesia Emas 2045 tanpa SDM yang mumpuni, yang cerdas, dan tentunya didukung dengan etos kerja yang tinggi.” 

Peluncuran ini menjadi momentum penting dalam pengembangan kompetensi ASN di lingkungan Kemenkumham, sejalan dengan visi menuju Indonesia Emas 2045. (Humas Kemenkumham Banten)

Blog authors