Home
Apkasi Otonomi Expo 2024
Expo
Lampung Selatan Expo
Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo 2024 Dibuka oleh Presiden Jokowi

Apkasi Otonomi Expo 2024

Apkasi Otonomi Expo 2024

Jakarta, 10 Juli 2024 - Jakarta Convention Center (JCC) Senayan menjadi saksi digelarnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang bersamaan dengan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024. Acara ini resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju serta bupati dari seluruh Indonesia.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, hadir bersama rombongan yang terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Kepala BPKAD Wahidin Amin, dan Kepala Bagian Kerja Sama Muhammad Ali. 

Muhammad Ali, yang akrab disapa Ali, menjelaskan, “Rakernas Apkasi dan AOE 2024 yang juga menggelar Apkasi Procurement Network ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya dalam keterangan pers.

Ali menambahkan bahwa Rakernas Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo merupakan agenda tahunan yang diadakan untuk membahas berbagai isu serta rencana strategis dalam pembangunan daerah, terutama di tingkat kabupaten. Asosiasi ini sendiri beranggotakan 416 kabupaten dari seluruh Indonesia.

“Apkasi Otonomi Expo adalah ajang untuk memamerkan potensi daerah, mulai dari kerajinan, kesenian hingga budaya. Melalui acara ini, kami berharap dapat menarik minat investor untuk menanamkan modal di daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Ali.

Selain menjadi tempat untuk memamerkan potensi daerah, Apkasi juga menyediakan platform bagi produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan komoditi unggulan daerah agar dapat memperluas target pasar mereka.

Expo ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 10 hingga 12 Juli 2024, di Hall A dan B JCC. Ratusan stan dari pemerintah kabupaten, kota, provinsi, kementerian, lembaga, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional turut meramaikan acara ini.

Blog authors