Kesehatan

Perjuangan Ridwan Fadhil Melawan Gagal Ginjal

comunitynews
7:42 AM
0 Comments
Home
Kesehatan
Perjuangan Ridwan Fadhil Melawan Gagal Ginjal
Perjuangan Ridwan Fadhil Melawan Gagal Ginjal
Hanya Ilustrasi

Comunitynews |  Ridwan Fadhil (22) mengalami nasib pilu. Sangat terpukul baginya mengetahui bahwa dia menderita gagal ginjal stadium lima.

Baru-baru ini, Fadhil berbagi ceritanya di akun TikTok-nya. Ia menyatakan bahwa penyebab utama kondisinya yang serius adalah kebiasaan buruk yang pernah dia lakukan.

Fadhil mengatakan bahwa sebelum menderita gagal ginjal, dia jarang minum air putih. Sebaliknya, dia lebih suka minuman manis, terkadang langsung setelah makan.

Salah satu alasannya adalah karena saya kuliah sambil bekerja sehingga jarang memiliki waktu untuk berolahraga dan tidur yang cukup. Dalam unggahan yang dia buat di akun TikToknya, @ridhwanfadhil_, pada Jumat (12/7/2024), Fadhil mengatakan, "Pagi-pagi sudah ada rapat kerja jam 09.00, bekerja sampai jam 20.00, dan pulang masih harus mengerjakan tugas."

Selain itu, Fadhil sering makan makanan instan dan junk food, yang mengandung banyak natrium dan dapat menyebabkan hipertensi.

Sebelum didiagnosis menderita gagal ginjal, Fadhil mengalami gejala seperti nyeri di ulu hati, lemas, dan sulit tidur.

tertekan karena sulit tidur di mana pun posisinya. Saya merasa ada sesuatu yang mengganggu saat saya mencoba mendengarkan kuliah yang disiarkan di YouTube. Menurutnya, dia hanya bisa tidur dengan nyenyak menjelang subuh, dan itu pun hanya untuk waktu yang singkat.

Selain itu, Fadhil mengalami tekanan darah tinggi, anemia, pembengkakan wajah, dan bahkan dahak berdarah.

Fadhil sekarang perlu rutin menjalani cuci darah untuk menjaga kesehatannya setelah didiagnosis menderita gagal ginjal kronis pada tahun 2022.

Dikutip dari berbagai sumber

Blog authors