Home
bolasport
Copa America 2024
Kolombia vs Panama
Kolombia vs Panama: Kemenangan Telak di Semifinal Copa America 2024

 

Kolombia vs Panama
Kolombia vs Panama/sumber gambar: view jabar

Comunitynews | Pada Minggu, 7 Juli 2024, Kolombia menunjukkan dominasinya di Copa America dengan menghancurkan Panama 5-0 di Stadion State Farm. Pertandingan perempat final ini menampilkan performa gemilang dari para pemain Kolombia yang berhasil menembus pertahanan Panama dengan mudah.

 Gol Pembuka dari Jhon Cordoba

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Kolombia sudah unggul 1-0 lewat sundulan Jhon Cordoba yang memanfaatkan umpan matang dari James Rodriguez. Gol ini menjadi pembuka pesta gol Kolombia dan menunjukkan bahwa mereka siap untuk melaju ke semifinal.

Penalti Cepat untuk Kolombia

Hanya berselang lima menit, Kolombia mendapatkan penalti setelah kiper Panama, Luis Mejia, melakukan pelanggaran terhadap Jhon Arias di dalam kotak penalti. Pelanggaran ini tidak hanya membuat Panama tertekan, tetapi juga memberikan peluang emas bagi Kolombia untuk menggandakan keunggulan.

 Gol Kedua yang Nyaris Terjadi

Pada menit ke-18, Panama hampir menyamakan kedudukan lewat sundulan Christian Martinez. Sayangnya, usaha Martinez hanya membentur tiang gawang Kolombia, membuat skor tetap 1-0 untuk Kolombia.

Luis Diaz Menambah Keunggulan

Menjelang akhir babak pertama, tepatnya pada menit ke-41, Luis Diaz berhasil menambah keunggulan Kolombia menjadi 3-0. Gol ini diawali dari kecerdikan James Rodriguez yang melakukan tendangan bebas cepat dari lini tengah. Bola mengarah langsung ke Diaz yang kemudian men-chip bola melewati kiper Panama, Luis Mejia.

 Usaha Panama di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Panama berusaha keras untuk mencetak gol balasan. Pada menit ke-58, Eduardo Guerrero melepaskan tembakan kaki kiri yang sayangnya masih melebar di sisi kiri gawang Kolombia. Upaya lain datang dari Edgardo Farina pada menit ke-63, namun tendangannya dari luar kotak penalti masih terlalu tinggi.

 Richard Rios Mengunci Kemenangan

Ketika pertandingan memasuki menit ke-70, Kolombia kembali menambah gol lewat tembakan Richard Rios. Mendapatkan operan dari Daniel Munoz, Rios melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kiri gawang Panama, membuat skor menjadi 4-0.

 Tekanan Panama yang Tak Berbuah Gol

Walaupun tertinggal empat gol, Panama tidak menyerah dan terus menekan pertahanan Kolombia. Beberapa peluang tercipta dari Abdiel Ayarza, Amir Murillo, dan Jovani Weich, namun sayangnya, tidak ada yang berhasil membuahkan gol.

Penalti Kedua untuk Kolombia

Pada menit tambahan waktu, tepatnya menit ke-90+2, Kolombia mendapatkan penalti kedua setelah Santiago Arias dilanggar oleh Jose Cordoba. Miguel Borja yang menjadi algojo berhasil mengeksekusi penalti dengan baik, mengubah skor menjadi 5-0 pada menit ke-90+4.


Susunan Pemain


Kolombia:

12. Vargas; 21. Munoz, 23. D. Sanchez, 2. Cuesta, 17. Mojica; 6. Rios, 15. Uribe, 11. J. Arias; 10. J. Rodriguez, 24. Cordoba, 7. Diaz.


Panama:

22. Mosquera; 23. Murillo, 24. Farina, 3. Cordoba, 25. Miller, 15. E. Davis; 2. Blackman, 6. Martinez, 14. Welch, 10. Barcenas; 17. Fajardo.


 Analisis Pertandingan


Kemenangan telak 5-0 ini menunjukkan betapa kuatnya skuad Kolombia di Copa America 2024. James Rodriguez sekali lagi membuktikan perannya sebagai playmaker ulung dengan assist dan visi bermainnya yang luar biasa. Sundulan Jhon Cordoba yang membuka skor, serta gol-gol dari Luis Diaz dan Richard Rios, menunjukkan betapa efektifnya serangan Kolombia.


Di sisi lain, Panama perlu memperbaiki lini pertahanannya yang terlalu mudah ditembus oleh serangan Kolombia. Meskipun memiliki beberapa peluang, Panama gagal memanfaatkannya menjadi gol. Kiper Luis Mejia harus menanggung beban berat setelah kebobolan lima gol tanpa bisa membalas satu pun.


 Peluang di Semifinal

Dengan kemenangan ini, Kolombia melaju ke semifinal Copa America 2024. Pertandingan berikutnya akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Kolombia untuk membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara. Kepercayaan diri tim yang tinggi, ditambah performa gemilang pemain-pemain kunci, menjadi modal penting bagi Kolombia untuk terus melaju hingga babak final.

Blog authors