Home
Kabupaten Tangerang
proyek asal jadi
Proyek Siluman Tanpa Papan Nama di Curug Kulon Menuai Kritik

Kab.Tangerang (comunitynews) - Meskipun sering kali diprotes dan diberitakan oleh sejumlah media online, proyek tanpa papan nama masih saja terjadi. 

Kali ini, proyek tanpa identitas kembali ditemukan di Kampung Pabuaran RT 001 RW 009, Kelurahan Curug Kulon, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Proyek yang diduga "siluman" ini telah berjalan selama dua hari tanpa adanya papan informasi yang semestinya dipasang.

Proyek pembangunan saluran sepanjang kurang lebih 100 meter ini menimbulkan pertanyaan mengenai besar anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah. Kamis (27/06/2024), pantauan awak media di lokasi proyek menunjukkan bahwa tidak ada papan nama yang terpasang.

Seorang pekerja di proyek tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya, menyatakan bahwa ia tidak mengetahui mengenai papan nama proyek.

 "Kegiatan proyek tersebut sudah dua hari dikerjakan. Mengenai plang papan nama, saya tidak tahu. Saya hanya pekerja. Panjang proyek saluran tersebut lebih kurang 100 meter," ujarnya.

Berdasarkan kutipan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 serta Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Aturan ini dengan tegas mewajibkan pemasangan papan nama pada proyek yang didanai pemerintah, sesuai dengan prinsip transparansi anggaran.

Serta Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menyebutkan bahwa papan informasi harus dipasang pada setiap kegiatan proyek pemerintah yang menggunakan anggaran APBD maupun APBN. Papan ini harus memuat nomor kontrak, nama perusahaan, serta batas waktu pelaksanaan proyek, dan ditempatkan di area yang strategis dan mudah diketahui oleh publik.

Ketidakpatuhan pihak pelaksana proyek terhadap aturan ini menimbulkan dugaan bahwa mereka sengaja menyembunyikan informasi dan berpotensi menyesatkan masyarakat.

Proyek yang tidak transparan seperti ini merusak kepercayaan publik terhadap pemerintah dan pengelolaan dana publik.

Rezi

Blog authors